dokter kandungan pasuruan
Ruang Perempuan

Pengalaman Pertama Kali ke Dokter Kandungan (SPOG) dan Fetomaternal, Biaya USG 2D/3D/4D di Kota Pasuruan

Tinggal di kota kecil seperti Pasuruan tidak memberikan banyak pilihan saat ingin memeriksakan kehamilan. Saat pertama kali tespack positif, aku coba mencari informasi bidan yang bisa memastikan kehamilanku. Dari beberapa yang aku hubungi, hampir tidak ada yang dilengkapi dengan fasilitas USG. Oleh karenanya aku mencari dokter kandungan (SPOG) dengan fasilitas USG yang tentunya bisa mengonfirmasi lebih akurat mengenai kehamilanku.

Karena pilihannya terbatas, aku menemukan setidaknya tiga Rumah Sakit/Klinik yang menyediakan fasilitas tersebut. Namun, sebelum itu aku lebih dulu memeriksakan diri ke Puskesmas Kebonagung untuk menjalani pemeriksaan ANC (Antenatal Care). Tes ANC merupakan skirining awal pemeriksaan kehamilan yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental pada ibu hamil secara optimal.

Untuk cerita lengkap tes ANC, aku buat terpisah di tulisan berikut ya Tes ANC Kehamilan

Balik lagi ke bahasan awal, aku akan menceritakan pengalamanku yang sempat mengunjungi dokter kandungan untuk USG dan memeriksakan kehamilanku. Semua berdasarkan pengalaman ku sendiri, jadi cukup subjektif.

Dokter Roni Subrata, Sp.OG – Rumah Sakit Graha Sehat Medika

dokter kandungan pasuruan
Jadwal praktek Dokter Rudy dan Dokter Rony

Sebetulnya saat periksa ke dokter Roni aku belum hamil dan sedang konsultasi masalah gangguan menstruasiku. Aku di USG 2D untuk dilihat kondisi rahimku. Setelah dijelaskan mengenai kondisi rahimku, didiagnosa gangguan hormon, lalu diberi resep obat. Singkat dan tidak sempat bertanya lebih jauh karena kesannya terburu-buru.

Jadwal praktek Dokter Roni, Senin-kamis (Pukul: 15:00-19:00 WIB), Jumat-sabtu (Pukul: 13:00-15:00). Selain dokter Roni, ada juga Dokter Rudy Sp.OG yang praktek di hari selasa-kamis (10:00-12:00WIB). Sayangnya aku belum berkesempatan untuk konsultasi dengan beliau. Untuk biaya konsultasi, USG 2D dan obat, aku memanfaatkan layanan BPJS Kesehatan alias gratis. Nah bagi kamu yang ingin menggunakan layanan BPJS perlu membawa surat rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat 1 (Faskes 1), setelah itu kamu mendaftarkan ke bagian administrasi untuk mendapatkan kartu berobat dan nomor antri.

Doker H. Moch. Haries F, Sp.OG, Klinik PIC

Prakter Dokter Haries berada di Klinik PIC, Jl. Panglima Sudirman No.61, Purworejo, Kec. Purworejo, Kota Pasuruan. Layanannya buka setiap Senin-jumat (Pukul 18:00-22:00 WIB). Untuk mendapatkan nomor antrian, kamu perlu mendaftar dengan mendatangi langsung Klinik PIC di jam 4 sore atau melalui pesan Whatsapp.

Cek kehamilan di dokter Haries aku cukup banyak bertanya karena ini kehamilan pertama. Saat di USG 2D, dokter menjelaskan bahwa kehamilanku memasuki usia 8 minggu dan sudah ada janin. Ya allah seneng banget mendengarnya, karena aku masih takut di usia kehamilan yang masih muda, janin belum nampak. Alhamdulillah meski baru 8 minggu dia sudah kelihatan. Kontrol pada bulan berikutnya pun ada perkembangan yang membuatku selalu berucap syukur.

Oh ya, di Dokter Haries aku saranin kamu yang aktif bertanya mengenai perkembangan si janin ataupun kalau kamu ada keluhan kehamilan. Ceritakan saja biar dokter lebih tahu kondisimu. Jadi ketika konsultasi selesai, tidak ada yang mengganjal. Apalagi durasi konsultasinya gak terlalu lama, jadi pinter-pinter nyiapin pertanyaan atau keluhan yang ingin kamu sampaikan.

Biaya konsultasi dan USG 2D, 100rb. Belum termasuk obat, keluhan lain yang perlu penanganan (misal keputihan abnormal) atau test gula darah.

Dokter Suheni Ninik Hariyati, Sp.OG(K)-KFM – Klinik Almaunah

Jika sebelumnya dokter kandungan yang aku datangi laki-laki, dokter kandungan yang satu ini perempuan. Dokter kandungan yang praktek di Klinik Almaunah tidak hanya Dokter Heni, ada juga Dokter Tyas yang buka layanan di hari Senin dan Jumat, pukul 16:00-17:00. Dokter Tyas menyediakan fasilitas USG 2D, sementara dokter Heni USG 3D dan 4D.

Untuk mendaftar di Dokter Tyas, kamu cukup datang langsung ke klinik. Di Dokter Heni, kamu harus daftar melalui pesan Whatsapp di nomor 081132017800 dengan mengisi form pendaftaran (data diri ibu hamil). Setelah itu barulah kamu daftar ulang ke Klinik Almaunah untuk mendapatkan nomor antrian. Untuk jadwal prakteknya, kamu bisa tanyakan ke nomor tersebut, ya.

Konsultasi dengan Dokter Heni nyaman banget. Saat di USG, dokter banyak menjelaskan mengenai perkembangan si janin. Mulai dari usia kehamilan, kelengkapan organ tubuhnya, berat badannya dan hal lain terkait si janin. Kalau ada keluhan, beliau juga gamblang memberikan saran dan anjuran. Gak cuma si ibu hamil, si calon bapak juga ikut diedukasi.

Biaya konsultasi dan USG 3D, 200ribu, USG 4D, 400ribu. Belum termasuk obat, ya.

Update

Tulisan ini dibuat pada tahun 2021, saat aku masih tinggal di Kota Pasuruan selama satu tahun. Jika pembaca menemukan tulisan ini untuk dijadikan review, mohon cek dan ricek dahulu ya. Aku khawatir ada banyak perubahan dari yang aku tulis dengan kondisi saat ini. Semisal, lokasi dan jam praktek yang berubah, biaya USG dan konsultasi yang berbeda hingga pelayanan dokter.

Seorang Perempuan, Istri dan Ibu Purnawaktu

13 Komentar

  • Dwi

    Menolong banget, saya ikut suami di pasuruan dan bingung mau ke dokter kandungan yg dimana,

    Untuk ganti dokter itu emang ada rujukan atau memang option cari dokter yg lain ya kak?

    • Ifaikah Kalidin

      Terima kasih ya sudah berkunjung ke Blogku.
      Kalau dari pengalamanku si ga ada rujukan. Karena Alhamdulillah ga ada keluhan yg memerlukan rekomendasi dokter lain. Ini karena dr dokter yg sebelumnya dirasa kurang nyaman aja saat konsultasi. Soalnya hamil pertama, butuh informasi lebih & nyaman saat konsultasi.

  • Devinda putri

    Mbak makasih banyak infonya, kalo boleh tau mbak usg 4d pada usia kandungan berapa ya mbak??? Soalnya saya juga mau cari klinik yang bisa usg 4d

    • Ifaikah Kalidin

      Saat itu aku kontrol di usia kehamilan 5 bulan. Aku pilih USG 3D karena usia segitu janin belum terlalu nampak jelas fisiknya (masih kecil). Tetapi kalau pengen tau jenis kelaminnya cukup jelas. Di Klinik Al Amunah ada USG 4D, coba saja tanya2.

  • Fatimah

    Mbak, teman temanku yg sudah pernah priksa ke dr.heny bilang pas periksa suami ga boleh masuk yg boleh cuma pasien aja emang bener ya? Waktu itu sampe batal usg kesana karna suami gak mau kalo gak masuk kedalem juga

    • Ifaikah Kalidin

      Halo, mbk Fatimah. Waktu itu suamiku boleh mendampingi saat pemeriksaan dengan dr. Heny. Karena sempat diedukasi juga mengenai kehamilanku. Kalau teman mbk suaminya ga boleh, mungkin peraturannya berubah, mbak. Coba dikonfirmasi ulang aja mbk

    • Ifaikah Kalidin

      Silakan datang langsung ke kliniknya aja kak. Soalnya sy udah pindah ke Malang, jadi lupa detailnya dulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!